Profil

banner

Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual adalah penyelenggara  program pendidikan akademik yang berada di bawah pengelolaan Politeknik Seni Yogyakarta.

Program Studi Desain Komunikasi Visual memiliki ciri khas pada  mengacu bidang periklanan/advertising. Kurikulum Prodi DKV mengacu pada level 5 SKKNI desain grafis yang menghasilkan mahasiswa memiliki kemampuan melaksanakan, mengembangkan alternatif visual dan menyelesaikan pekerjaan desain pada media yang ditentukan, pengerjaan materi purwarupa (prototype/mockup) dan materi siap produksi, dengan menggunakan peralatan yang sesuai. Pelaksanaan pekerjaan dilakukan dengan cara menganalisis data sesuai arahan desain yang sudah ditentukan dengan menggunakan pendekatan konsep pengetahuan desain grafis/DKV, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah tata cara kerja, pengelolaan kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif. 
Mahasiswa juga disiapkan berperan aktif dalam industri kreatif dengan pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Perubahan dan perkembangan dalam industri kreatif yang terus berubah dengan cepat, menempatkan Prodi Desain Komunikasi Visual pada tantangan sekaligus peluang untuk memainkan peran strategisnya dalam menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi, khususnya di bidang Advertising, Animasi dan Game Design.

Prodi Desain Komunikasi Visual bertekad ikut serta bersama komponen bangsa lainnya untuk meningkatkan partisipasinya membangun komunitas intelektual yang kreatif, mampu menguasai, serta trampil memanfaatkan ilmu Desain Komunikasi Visual, untuk mendukung terwujudnya warga masyarakat serta bangsa yang adil dan makmur berlandaskan moralitas yang baik.

Pada masa yang akan datang Prodi Desain Komunikasi Visual berharap dapat menjadi salah satu sumber inspirasi pembaharuan bangsa dengan kekuatan moral dan intelektual yang kokoh dan seimbang, melalui pengembangan ilmu-ilmu desain komunikasi visual .

Prodi Desain Komunikasi Visual juga berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu berdiri setara dalam pergaulan masyarakat global, selalu berperan aktif mendukung pembangunan ekonomi kreatif, serta menghasilkan karya yang memberikan kemanfaatan besar bagi masyarakat.

Kehadiran Prodi Desain Komunikasi Visual sebagai penyelenggara pendidikan akademik di Politeknik Seni Yogyakarta, diharapkan mampu mengemban misi memperluas akses pendidikan di bidang Desain Komunikasi Visual. Strategi pemanfaatan sumber daya intelektual dalam komunitas akademik Prodi Desain Komunikasi Visual yang lebih optimal memerlukan jaminan tata kelola dan manajemen program studi menuju kebijakan berbasis mutu, yang mencakup bidang pendidikan/pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Untuk meraih kepercayaan sebagai agen pemberdayaan masyarakat, melalui tridharma perguruan tinggi, Prodi Desain Komunikasi Visual Politeknik Seni Yogyakarta harus menjadi program studi yang dikenal memiliki reputasi handal.

File presentasi profil dapat di download disini.

Iklan