Sejarah

Program Studi Desain Komunikasi Visual Politeknik Seni Yogyakarta ( Prodi DKV) didirikan pada tanggal 2 Agustus 2001 berdasarkan SK Mendiknas No 142/D/O/2001. Prodi DKV dibentuk atas kerjasama PPPG Kesenian (sekarang PPPTK Seni dan Budaya) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Beralamat di Jl. Kaliurang Km. 12, 5, Tegal Mindi, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Kelulusan pertama Program Studi Desain Komunikasi Visual tahun 2004.

Program Studi Desain Komunikasi Vsiual terus berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan minat masyarakat, khususnya calon mahasiswa yang jumlahnya terus meningkat. Pada tahun 2005, Prodi DKV membuka konsentrasi program studi Advertising dan Animasi, yang merupakan konsentrasi animasi pertama di Indonesia. Seiring dengan perkembangan kemajuan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berjalan begitu cepat, Prodi DKV kembali membuka konsentrasi Game Technology pada tahun 2008. Oleh karena itu, lengkaplah sudah 3 pilar dalam desain yang dibutuhkan oleh Prodi DKV, yaitu Advertising, Animasi dan Game Technology.

Pada tahun akademik 2011/2012 sesuai dengan keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: tanggal 23 Desember 2012 bahwa Prodi DKV dinyatakan telah terakreditasi. Seiring dengan perkembangan ekonomi kreatif, Desain Komunikasi Visual terus membenahi diri dan meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya di masa mendatang yang semakin kompetitif dalam persaingan bisnis baik di lingkup pendidikan maupun pada lingkup kerja di lapangan.

Iklan